Saturday 6 December 2014

Book Review: Catatan Dodol Ukhti Ngocol


Credit: http://makhraj.syafata.in

Judul                : Catatan Dodol Ukhti Ngocol
Penulis             : Arkandini Leo
Penerbit           : ProYou
Tahun              : 2014
ISBN               : 978-602-8940-16-0
Halaman         : 132 hlm
Harga              : Rp 22.000,-

Awalnya cuma pengin lihat-lihat aja, mampir ke Toga Mas Solo. Tapi emang dasarnya suka kalap kalau lihat buku jadinya yah pulang nenteng deh tuh buku. Buku ini berhasil menarik perhatianku karena judulnya yang unik, plus ilustrasi covernya yang ngajak berantem banget minta dibawa pulang.
Dari judulnya yang bawa-bawa kata ‘dodol’ dan ‘ngocol’ mengindikasikan kalau baca buku ini akan menyebabkan efek samping ketawa-ketiwi atau minimal bikin senyum-senyum gaje. Dan tebakanku nggak salah, tuh buku sukses membuatku dilirik orang-orang di kereta karena ngikik-ngikik sendiri. Semoga mereka nggak mikir yang enggak-enggak yah.
Buku yang ditulis oleh mahasiswi statistik universitas bergengsi di kota gudeg ini berisi pengalaman gokilnya selama jadi anak kos dan anak kuliahan. Kengocolan cerita bisa kita lihat dari judul-judul cerita seperti Ngutil Takjil, Gokilnya Ngirit, Doa Paling Kocak, dll. Nah dari judulnya aja udah kebayang kan ngocolnya.
Kisah yang disajikan dalam buku ini dekat dengan keseharian kita dan bisa jadi kita sendiri pernah mengalaminya. Misalnya saja di cerita Ngutil Takjil. Di sini penulis menceritakan pengalaman dirinya dan teman-temannya sebagai anak kos PPT (Para Pencari Takjil) saat bulan Ramadhan. Jadi ceritanya ada teman penulis yang waktu di masjid kampus ambil nasi bugkus sampai 3 bungkus karena dititipin temen-temennya. Nah, nasi bungkusnya itu dimasukkan ke tas eh waktu lagi mau wudhu nasi bungkusnya itu jatuh semua karena resleting tas yang nggak ketutup rapat. Orang-orang disekitar pada mlongo tuh lihat takjil pada jatuh, dikira dia ngutil takjil habis satu orang kok ambil takjil banyak banget.  Hayoo siapa yang pernah kayak gitu? Hihi…
Di buku ini nggak  cuma cerita-cerita lucu yang bisa kita dapatkan. Penulis juga membuka mata kita bahwa hal-hal konyol dan mungkin menurut kita nggak penting ternyata menyimpan banyak hikmah dan renungan. Contohnya di cerita Nenek- nenek Pikun. Cerita tentang si penulis yang sering merhatiin nenek-nenek tetangganya yang udah pikun itu membuatku ikut merenung tentang masa tuaku nanti. Apakah saat tua aku juga akan seperti itu, hanya menjadi nenek-nenek pikun yang kerjaannya duduk-duduk seharian di teras rumah atau mau jadi seperti apa. Nah, jadi mikir kan!.
Emang dasar yang nulis tuh mahasiswa, soal script sweet a.k.a sripsi nggak kelewatan juag buat dibahas. Intinya sih buat teman-teman yang lagi skripsian (termasuk aku) ojo mutung kalau skripsi nggak selesai-selesai, tetep kerjain. Bagaimanapun juga skripsi tuh langkah akhir kita untuk menyelesaikan kewajiban pendidikan kita. Ingat ortu yang udah ngedoain kita siang malam biar kita bisa jadi sarjana. Terus buat yang punya temen lagi skripsi nggak selesai-selesai hati-hati kalau tanya “kok kuliahnya nggak selesai-selesai?” atau “emang skripsinya susah banget yah?”. Soalnya pertanyaan kayak gitu cukup bisa mengiris-iris hati (ini aku T_T), jadi kalau nggak bisa bantu biar tuh skripsi temen cepet selesai doakan aja temen-temennya yaah.
 Selain kisah di atas masih banyak lagi kisah lainnya yang bisa kita nikmati. Kisah-kisah dalam buku dituturkan dengan bahasa yang santai dan kocak, ngebuat betah saat baca. Nilai plus buku ini yaitu penulis peka mengambil hikmah yang tercecer dari kejadian sehari-hari yang bisa jadi kita tidak menyadarinya. Penulis juga mengaitkan kejadian-kejadian tersebut dengan ayat Al Quran dan Hadits yang menambah lengkap sajian kisah penuh hikmah tersebut.
Beruntung deh bisa nemu buku ini yang nyempil di rak bagian bawah di toko buku. So girls kalau pengin baca kisah lucu sekaligus berhikmah, buku ini recomended deh. Tapi hati-hati kalau baca di tempat umum yaah, efek senyum-senyum gaje yang ngebuat kita dikira aneh nanti silahkan ditanggung sendiri.

Membaca membuka cakrawala ilmu, so keep reading.

1 comment: